Kamis, 07 Mei 2015

7 Keuntungan Menggunakan Software Small Business Accounting Bagi UKM

Manfaat Menggunakan Software Akuntansi Bagi UKM


Sebagai pemilik usaha kecil, mungkin anda akan berpikir seribu kali untuk membeli sebuah program akuntansi bagi usaha kecil demi menghemat biaya. Untuk apa ? toh usaha saya hanya kecil-kecilan saja. Mungkin benar. Tapi tahukah anda, meskipun mungkin anda bisa menghemat beberapa juta rupiah setahun untuk biaya perangkat lunak, tetapi anda akan kehilangan potensi meningkatnya produktivitas usaha anda. Bukankah lebih baik mengeluarkan biaya tambahan demi mendapatkan efisiensi kerja dan peningkatan produktivitas ? Di zaman yang modern saat ini, sudah saatnya anda melakukan komputerisasi akuntansi bagi usaha anda.

Dari ulasan berikut ini, Anda akan menemukan 7 alasan mengapa anda perlu menggunakan software akuntansi untuk usaha kecil (UKM):

7 Keuntungan Menggunakan Software Small Business Accounting Bagi UKM

1. Kemudahan dalam penggunaan

Anda akan menyadari bahwa software akuntansi untuk usaha kecil UKM belakangan ini semakin mudah dan intuitif penggunaannya. Tersedia beragam program akuntansi untuk usaha kecil yang sangat mudah dipakai oleh para pelaku usaha atau bahkan oleh staff perusahaan dengan pengetahuan dan pengalaman yang mendasar tentang akuntansi. Dengan hanya sedikit pelatihan, mereka bisa menguasai program tersebut dalam waktu singkat. Dan biasanya, aplikasi-aplikasi seperti ini menyediakan technical support yang akan membantu penggunanya melakukan tugas-tugas dasar seperti membuat invoice, memproses pembayaran, dan membuat laporan.

2. Peningkatan Produktivitas

Software akuntansi usaha kecil dirancang untuk meningkatkan produktivitas anda dan karyawan anda. Anda dapat mengotomatisasi jurnal, memproses recurring invoice, dan meminimalkan kesalahan dan kelalaian yang mungkin terjadi saat menggunakan cara manual. Anda juga bisa membuat berbagai laporan sehingga Anda mendapatkan pengetahuan bisnis yang Anda butuhkan untuk mengurangi biaya dan meningkatkan penjualan.

Software akuntansi ini mestinya bisa meningkatkan produktivitas Anda. Jika tidak, maka Anda harus mencari software akuntansi lain yang sesuai dengan jenis usaha anda.

3. Keamanan

7 Keuntungan Menggunakan Software Small Business Accounting Bagi UKM
Catatan manual secara bagaimanapun tidaklah aman - informasi kartu kredit yang tercatat dalam buku atau bahkan lembaran kertas yang anda simpan di dalam laci meja rentan hilang, dicuri, atau disalin. Banyak program akuntansi untuk usaha kecil menyediakan fitur pembatasan akses karyawan yang tidak berkepentingan untuk jenis informasi seperti ini melalui hak yang diberikan oleh administrator. Nilai plus lainnya, data tersebut bisa dienkripsi dan disimpan dengan aman sehingga informasi tersebut akan sangat sulit untuk didapatkan daripada catatan pada buku. Bahkan jika seseorang mampu mendapatkan informasi akuntansi Anda, mereka harus memiliki pengetahuan dan keterampilan teknis khusus untuk mendekripsi informasi, yang notabene bukanlah pekerjaan yang mudah dilakukan.

4. Skalabilitas

Ketika bisnis Anda berkembang, Anda akan memproses lebih banyak transaksi tiap harinya. Tanpa software akuntansi, Anda akan dipaksa untuk mempekerjakan lebih banyak staf atau karyawan, dan hal ini akan semakin menambah beban biaya yang harus anda tanggung. Software akuntansi bisnis kecil seringkali bisa disesuaikan dengan kebutuhan (terukur), sehingga Anda dapat meng-upgrade perangkat lunak untuk menangani transaksi yang semakin banyak sehingga anda tidak memerlukan penambahan staf untuk melakukannya demi menghemat biaya. Anda juga dapat meng-upgrade software akuntansi Anda untuk melakukan tugas-tugas dan fungsi-fungsi tingkat lanjut seiring dengan pertumbuhan usaha Anda yang semakin kompleks.

5. Meminimalisir Kesalahan

Software akuntansi bisnis kecil akan membantu Anda mengurangi kesalahan dengan mengotomatisasi banyak tugas yang biasanya dilakukan secara berulang. Sebagai contoh, modul penggajian dapat mencegah karyawan mendapatkan lebih dari 8 jam kerja dalam satu shift tanpa persetujuan manajer. Jenis kontrol seperti ini bisa mencegah kesalahan yang umum terjadi pada sistem manual.

6. Menyediakan fasilitas analisis

Menggunakan software akuntansi bisnis yang baik layaknya memiliki penasihat keuangan pribadi; bragam laporan yang bisa disesuaikan memungkinkan Anda untuk menganalisis berbagai aspek dari bisnis kecil Anda, memberikan data yang Anda butuhkan untuk membuat keputusan keuangan yang lebih baik. Laporan seperti Rangkuman Neraca menunjukkan secara tepat seberapa baik kondisi usaha yang telah dijalankan saat ini, sementara laporan seperti siapa saja pelanggan yang berutang memungkinkan Anda mengelola laporan piutang dengan lebih mudah.

7. Akurasi

Karena software akuntansi bisnis kecil melakukan berbagai bermacam kalkulasi yang dibutuhkan, data keuangan anda akan memiliki tingkat akurasi yang lebih tinggi daripada yang seharusnya dibandingkan dengan jika anda menggunakan cara-cara kuno yang menggunakan pena untuk mencatat berbagai macam laporan transaksi atau pembukuan - terlebih lagi jika Anda harus menggunakan jasa beberapa orang untuk entri data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar