Cara memilih web hosting
Memilih web hosting adalah langkah pertama yang harus Anda pertimbangkan ketika memulai sebuah proyek website. Agar website Anda tersedia di World Wide Web dan bisa diakses oleh publik, diperlukan sebuah tempat untuk menyimpannya. Tempat inilah yang disediakan oleh penyedia web hosting. Web hosting sebagai penyedia layanan akan menyediakan space di mana file website Anda disimpan, menangani urusan lalu lintas situs web Anda, dan banyak layanan tambahan seperti perlindungan firewall, bantuan teknis, layanan email, akses FTP, pendaftaran nama domain, alat membangun website dan lain-lain.
Dalam rangka memilih web hosting terbaik bagi untuk website Anda, berikut ini adalah beberapa faktor penting yang harus anda perhatikan ketika mencari sebuah web hosting bagi proyek online Anda:
1. Harga: Apakah cukup dengan memakai web hosting gratis?
Banyak webmaster mencari penyedia jasa web hosting gratis, setidaknya untuk situs web pertama mereka. Hal ini bisa dimengerti - mengingat kurangnya pengalaman webmaster pemula tentang bagaimana cara membandingkan layanan dan harga dari beberapa web hosting yang ada. Sekali Anda mulai membuat sebuah website, Anda akan menyadari bahwa ada beberapa hal lain yang juga patut diperhitungkan selain masalah harga. Sebagai contoh, web hosting gratis atau web hosting murah biasanya akan mempublikasikan iklan pada halaman web yang Anda buat dan tidak menyediakan bantuan teknis.
2. Customer Feedback
Ketika Anda membandingkan beberapa penyedia layanan web hosting yang sesuai dengan budget dan spesifikasi yang anda inginkan, cari tahu tentang review atau ulasan maupun umpan balik dari pelanggan. Ada banyak informasi yang bisa anda dapatkan di Google, Yahoo atau direktori hosting yang lain. Anda pasti akan mendapatkan informasi apakah penyedia layanan hosting tersebut bisa dipercaya, apakah mereka merespon keluhan teknis dengan cepat, dan apakah pelanggan puas dengan layanan mereka.
3. Dukungan teknis
Bantuan teknis akan selalu dibutuhkan dari sebuah web host. Ketika Anda memulai pekerjaan dengan website anda, beberapa pertanyaan akan muncul: Bagaimana cara memulainya?; Bagaimana cara meng-upload file ?; Bagaimana cara membuat account email?, dll
Kadang-kadang Anda menginginkan pertanyaan-pertanyaan tersebut dijawab dengan segera. Itulah sebabnya mengapa web host Anda harus menyediakan layanan 24 jam untuk dukungan teknis. mereka harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan teknis dalam waktu paling tidak 1-2 jam. Selain kecepatan tanggapan, cari tahu apakah dukungan yang mereka berikan kompeten dengan masalah yang anda keluhkan. Dan jangan meminta bantuan teknis melalui telepon - karena dukungan lewat telepon biasanya selalu sibuk ketika Anda membutuhkannya. Perusahaan yang paling efisien menggunakan sistem ticketing, di mana waktu yang anda butuhkan mulai dari saat Anda memberikan semua rincian teknis yang diperlukan sampai pertanyaan Anda tersebut dijawab membuthkan waktu waktu satu jam atau kurang.
4. Fitur Hosting: web space, bandwidth, CPU, batasan PHP, dll
Fitur-fitur yang ditawarkan oleh para penyedia layanan web hosting terus berkembang dari waktu ke waktu. Pada tahun 2003, kuota disk space maksimal untuk tiap shared hosting plan adalah 5MB. Pada tahun 2009 beberapa penyedia menawarkan fitur unlimited untuk segala sesuatunya. Dan akhir-akhir ini, hampir semua penyedia layanan web hosting memberikan promosi unlimited disk space dan unlimited bandwidth. Tapi, untuk amannya, periksa dulu pada bagian Ketentuan Penggunaan untuk rincian lebih lanjut tentang batasan-batasan apa saja yang diberikan.
5. Apakah penyedia hosting tersebut mensupport:
- Email, POP3, SMTP, IMAP, Autoresponders, Email forwarder ?
Jika Anda memiliki situs sendiri, Anda mungkin ingin mempunyai alamat email di domain Anda sendiri, misalnya: namaku@mydomain.com. Anda dapat memeriksa email POP3, SMTP (dan IMAP) agar memiliki kemampuan web mail. Periksa apakah Anda dapat mengatur alamat email agar secara otomatis membalas pesan yang masuk ke dalam mailbox anda (Autoresponder). Lihat apakah Anda dapat meneruskan pesan dari satu email ke email yang lain, misalnya: semua email yang datang ke sales@mydomain.com diteruskan kepada salesmanager@mydomain.com.
- PHP, MySQL, dan Cron Jobs:
Kemampuan PHP / MySQL akan menjadi hal yang sangat penting agar mendapatkan website yang dinamis. Cron jobs mungkin diperlukan untuk program yang perlu dijalankan secara periodik (misalnya sekali sehari).
- Website Tools - Blog, CMS, galeri, forum:
Sebuah Web Hosting umumnya menyediakan tool-tool gratis dalam pembuatan website, seperti blog, CMS, galeri, forum. Alat-alat ini akan memfasilitasi hampir semua kebutuhan pembuatan website, yang dapat menghemat biaya untuk urusan web desainer dan web developer.
- Pilihan E-commerce - Shopping cart, SSL (Secure Socket Layer):
Jika Anda berencana untuk menjalankan sebuah situs web e-commerce, Anda mungkin perlu sertifikat SSL dan Shopping cart. Fasilitas ini biasanya melibatkan sebuah paket harga yang lebih tinggi atau biaya tambahan. Anda pasti akan memerlukan sebuah sertifikat SSL jika Anda berencana untuk mengumpulkan informasi kartu kredit pada situs Anda.
- Panel Kontrol:
Fitur ini sangat penting jika Anda ingin mengelola sendiri situs Anda atau orang lain yang anda tunjuk untuk mengelolanya. Dari panel kontrol Anda bisa membuat beberapa perubahan pada situs Anda, meng-upload file, mengubah password untuk account Anda, menambah / menghapus account email, mengelola database, dll
- Dreamweaver, GoLive, Flash:
Mungkin anda ingin agar situs web Anda dibuat dengan menggunakan oftware pembuat website seperti GoLive atau Dreamweaver. Periksalah apakah penyedia web hosting Anda menyediakannya.
Jika Anda mengikuti pedoman dasar ini, Anda akan memiliki layanan hosting yang handal, efisien dan memuaskan yang akan memberikan kontribusi bagi keberhasilan bisnis Anda selama bertahun-tahun mendatang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar